Seputar Peradilan

Kunjungi PA Sumedang, Dirjen Badilag paparkan tentang Persiapan Akreditasi Pengadilan Agama

 

IMG 20170803 WA0000

 

Sumedang | www.pa-sumedang.go.id

Kamis Pagi, 03 Asgustus 2017, para Pimpinan, Hakim dan seluruh Pegawai termasuk Tenaga Honorer Pengadilan Agama Sumedang dikagetkan dengan kedatangan Bapak Dirjen Badilag Drs. Abd. Manaf, SH. MH. Secara tiba-tiba. Dirjen Badilag tiba-tiba muncul di pintu depan Pengadilan Agama Sumedang dan memantau setiap ruangan Pengadilan Agama Sumedang, hal ini tentu mengangetkan para pegawai yang baru saja melakukan persiapan meja kerjanya masing masing.

page

Dalam Pembinaannya, beliau memberikan petuah-petuah, petunjuk petunjuk dalam melaksanakan tugas dengan bahasa yang sangat mudah difahami, menyejukkan dan penuh dengan motivasi serta sangat menekankan kebersamaan dan kerjasama. Point utamanya, beliau menyampaikan persiapan dalam rangka koordinasi pelaksanaan akreditasi di pengadilan. “Koordinasi ini dalam rangka menyamakan sistem akreditasi mulai dari asistensi, penilaian, maupun pengorganisasian” Ujarnya. Dilingkungan Peradilan Umum sudah ada Akreditasi, diharapkan di Peradilan lain termasuk Peradilan Agama diharapkan sudah mengarah kearah tersebut (Akreditasi adalah Pelayanan Prima untuk para pencari keadilan).

Hal itu sesuai dengan arahan Ketua Mahkamah Agung bahwa harus ada keseragaman dalam istilah maupun pelaksanaan akreditasi untuk seluruh lingkungan peradilan.

IMG 20170803 WA0006


Menurutnya, di tahun ini Badilag telah mencanangkan untuk dimulainya Akreditasi Penjaminan Mutu di beberapa pengadilan agama, sementara Badilum sudah terlebih dahulu melakukan hal yang sama terhadap pengadilan dibawahnya. “Intinya kita belajar, meminta masukan dan petunjuk dari Badilum yang terlebih dahulu melakukan akreditasi agar tidak terjadi perbedaan” ucap beliau.

(lex's)