Seputar Peradilan

Wisuda Purnabakti Ketua Pengadilan Agama Sumedang oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat

 

1

Pada hari Senin, tanggal 10 Agustus 2020 (20 Dzulhijah 1441 Hijriyah) Pengadilan Agama Sumedang menggelar prosesi wisuda Purnabakti Ketua Pengadilan Agama Sumedang Dr. H. Osin Muh. Muhsin, SH., M. Hum. bertempat di Hotel Handayani Sumedang, yang dihadari oleh Ketua PTA Jawa Barat Drs. M. Taufiq H.Z., MH.I., Bupati Sumedang Dr. H. Dony Ahmad Munir, ST., MM., Ketua PA Soreang H. A. Nafi` Muzakki, S.Ag, M.H., Ketua PA Majalengka Drs. H. Ayep Saepul Miftah, SH., MH., Ketua PA Ngamprah Senen, S.Ag., MH., Ketua PA Indramayu Dr. H. Mamat Ruhimat, SH., MH., Panitera PA Cirebon Drs. Agus Wachyu Abikusna, Ketua PN Sumedang Flowerry Yulidas, SH., MH. beserta perwakilan dari para Hakim PN Sumedang beserta DYK dari PN Sumedang, perwakilan Kejaksaan Negeri Sumedang, Komandan Kodim 0610 Sumedang Letkol Arh. Novianto Firmansyah S.E., M.Tr. (Han), perwakilan dari BRI cab. Sumedang.

2

Acara berlangsung dengan khidmat di awali dengan pembacaan do’a yang di pimpin oleh Tohayudi, SH. I., MH., selanjutnya pembacaan surat keputusan Presiden RI oleh H. Asep Suryana, SH. I., lalu pembacaan sekilas riwayat jabatan oleh Nurhasanah, SH.I, dimana Dr. H. Osin Muh. Muhsin, SH., M. Hum. memulai karir sebagai :

  • - CPNS di Pengadilan Agama Sumedang pada tahun 1983
  • - PNS di Pengadilan Agama Sumedang pada tahun 1984
  • - Panitera Pengganti di Pengadilan Agama Sumedang pada tahun 1989
  • - Kepala Sub. Bagian umum di PTA Jawa Barat pada tahun tahun 1989
  • - Panitera Pengganti di PTA Jawa Barat pada tahun 1991
  • - Panitera Pengganti di Pengadilan Agama Sumedang pada tahun 1995
  • - Panitera / Sekretaris di PA Bandung pada tahun 1997
  • - Hakim PA Bandung pada tahun 2001
  • - Wakil Ketua MS Banda Aceh pada tahun 2010
  • - Wakil Ketua PA Bengkulu pada tahun 2013
  • - Ketua PA Sumedang pada tahun 2015
  • - Ketua PA Sumber pada tahun 2016
  • - Ketua PA Sumedang tahun 2020
  • 3

Kata – kata Purna Bhakti oleh Ketua PTA Jawa Barat Drs. M. Taufiq H.Z., MH.I mengatakan bahwa Dr. H. Osin Muh. Muhsin, SH., M. Hum. berhasil menyelesaikan tugas hingga masa pensiun dalam keadaan sehat, selamat, tanpa aral melintang, adalah cita-cita bagi semua Hakim. Ibarat sebuah perjalanan panjang, mencapai akhir masa tugas dengan baik adalah perjalanan karir yang telah sampai ke tujuan. Terlebih mengakhiri masa tugas saat berada di salah satu puncak karir seorang Hakim, menjadi Ketua Pengadilan Agama, tentunya menjadi suatu kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri. Karir beliau yang dirintis sejak tahun 1983 tentunya telah melalui berbagai ujian dan cobaan yang kadang tidak mudah hingga menjadi Ketua Pengadilan Agama, membuktikan bahwa pimpinan Mahkamah Agung memberikan kepercayaan kepada beliau, dan beliau pun telah menjawab kepercayaan yang diberikan tersebut dengan menjalankan tugas dan tanggung jawabnya tersebut dengan amanah. Setelah mengabdikan sebagian besar hidupnya di dunia peradilan, kini tiba saatnya Dr. H. Osin Muh. Muhsin, SH., M. Hum. bisa berkumpul kembali bersama istri, anak berserta cucu - cucunya terlepas dari rutinitas kedinasan. Kesibukan sehari-hari dengan berbagai kegiatan, akan berganti dengan hari-hari tenang berkumpul bersama keluarga tercinta. Namun demikian, berharap, di masa purnabaktinya tersebut, Dr. H. Osin Muh. Muhsin, SH., M. Hum. tetap berbagi ilmu dan pengalamannya agar terus memberikan manfaat seluas-luasnya.

4

        5

Acara di lanjutkan dengan pelepasan kalung jabatan kemudian pengalungan bunga melati oleh Ketua PTA Jawa Barat Drs. M. Taufiq H.Z., MH.I. selanjutnya prosesi kirab Wisudawan dengan di iringi dengan Lagu Sykur.

6

        7

Selanjutnya acara sambutan dari Ketua Pengadilan Agama Sumedang Dr. H. Osin Muh. Muhsin, SH., M. Hum., Wakil Ketua Pengadilan Agama Sumedang Drs. H. Didi Nurwahyudi, MH., Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat Drs. M. Taufiq H.Z., MH.I serta Bupati Sumedang Dr. H. Dony Ahmad Munir, ST., MM. dalam sambutannya mengatakan beliau sering berdiskusi dengan Dr. H. Osin Muh. Muhsin, SH., M. Hum. baik dalam acara resmi Pemerintahan Daerah. Beliau selaku Bupati Sumedang mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya selama ini yang berjalan dengan baik dan berharap Dr. H. Osin Muh. Muhsin, SH., M. Hum. selalu diberi kesehatan dan senantiasa di lindungi oleh Allah SWT.

8   9  

10

   11

Acara di tutup dengan penyerahan bucket Bunga kepada Nadia Rufaidah, SH., putri Bapak Osin selaku mewakili istreri beliau serta penyerahan kenang-kenangan dari PA Sumedang dan Bupati Sumedang untuk Dr. H. Osin Muh. Muhsin, SH., M. Hum.

12    13

 

(admin)