Seputar Peradilan

UPACARA PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA KE - 90

DI PENGADILAN AGAMA SUMEDANG

 1

 

www.pa-sumedang.go.id |sumedang

Sumedang, 29 Oktober 2018 tepat pukul 08.00 WIB dilaksanakan upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2018 sebagaimana Surat Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1325/SEK/HM.01.2/10/2018 menindaklanjuti Surat Edaran dari Menteri Pemuda dan Olahraga RI Nomor 10.15.1/MENPORA/DII/X/2018 tanggal 15 Oktober 2018 tentang Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 Tahun 2018, menginstruksikan kepada seluruh Pengadilan pada empat lingkungan Peradilan untuk menyelenggarakan Upacara Bendera pada hari Senin, tanggal 29 Oktober 2018, bertempat di halaman Kantor Pengadilan Agama Sumedang.

page

Yang berbeda dari upacara ini adalah semua yang bertugas sebagai petugas upacara kali ini adalah para calon hakim (Cakim) PPC yang sedang melaksanakan tugas pendidikannya di Pengadilan Agama Sumedang. Tema pelaksanaan peringatan hari Sumpah Pemuda ke 90 Tahun 2018 adalah “Bangun Pemuda, Satukan Indonesia”.  Para peserta Upacara yaitu para Hakim, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, para calon hakim (Cakim), pegawai Honorer Pengadilan Agama Sumedang, siswa SMK yang sedang melaksanakan praktek di Pengadilan Agama Sumedang.

5

Upacara berjalan khidmat dengan diawali persiapan peserta upacara. Bertindak sebagai Pembina Upacara Drs. H. Dudung Abd Halim S.H, M.H. (Ketua Pengadilan Agama Sumedang) dan sebagai Pemimpin Upacara Choirul Isnan, S.H (Cakim PPC). Diawali Pembacaan Teks Pancasila oleh Zulkarnaen Ritonga, SH. I., (Cakim PPC) ,Pembacaan Teks Undang-Undang Dasar 1945 oleh Jursan Ipandi, SH. I., (Cakim PPC), dan pengibaran bendera oleh Novan Satrya, S. Sy. (Cakim PPC), Merita Selvina, SH. I., (Cakim PPC) dan Amry Saputra, SH. (Cakim PPC).

6

Setelah pembacaan teks Sumpah Pemuda dimpin oleh Ketua Pengadilan Agama Sumedang, Drs. H. Dudung Abd Halim, S.H., M.H. sebagai Pembina Upacara, dan di ikuti oleh seluruh peserta upacara. Selanjutnya dalam amanat pembina upacara menyampaikan bahwa semangat sumpah pemuda harus ditanamkan dalam semangat kerja sehingga dapat membulatkan tekad dalam mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai sumpah pemuda sebagai sumber kekuatan, menggalang kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Setelah amanat beliau, selanjutnya pembacaan do'a yang di pimpin oleh Muhammad Ikhsan Purnomo, Lc. (Cakim PPC) menutup rangkain acara upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda.kita sebaga warga Negara peradilan agama, mari sama – sama kita jaga Negara ini dengan mengamalkan nila - nilai yang tertanam pada peringatan Sumpah Pemuda dalam bentuk profesi kita sebagai warga peradilan yang secara umum di nanungi oleh Mahakamah Agung dengan bekerja secara profesional.