Seputar Peradilan

PENGADILAN AGAMA SUMEDANG GELAR NONTON BARENG PERESMIAN

OPERASIONAL 85 PENGADILAN BARU

 

1

 

www.pa-sumedang.go.id |sumedang

                Dalam Rangka Peresmian 85 Pengadilan baru di seluruh Indonesia yang dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 22 Oktober 2018 di Melounguane, Kabupaten kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara oleh Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. M. Hatta Ali., SH., MH.,  Pengadilan Agama Sumedang menggelar Nonton Bareng Peresmian tersebut yang melibatkan seluruh pegawai Pengadilan Agama Sumedang dan juga para Pihak pencari keadilan yang berkunjung ke Pengadilan Agama Sumedang, ini dikarenakan gelaran Nonton bareng dilaksanakan di ruang Tunggu Sidang, dikarenakan tempat tersebut memiliki kelebihan diantaranya tempat yang lebih luas dibanding ruangan lainnya di Pengadilan Agama Sumedang dan juga agar nilai kebersamaan antara para pegawai lebih erat dan juga sebagai informasi kepada para pihak pencari keadilan yang hadir di Pengadilan Agama Sumedang.

Ketua Pengadilan Agama Sumedang, Drs. H. Dudung Abd. Halim, SH., MH. Dalam sambutannya mengapresiasi atas terlaksananya peresmian 85 Pengadilan baru di seluruh Indonesia yang dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 22 Oktober 2018 di Melounguane, Kabupaten kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara oleh Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. M. Hatta Ali., SH., MH.

3

Pengadilan baru tersebut terdiri dari 3 (tiga) badan peradilan yaitu 30 (tiga puluh) Pengadilan Negeri, 50 (lima puluh) Pengadilan Agama, 3 (tiga) Mahkamah Syar’iyah dan 2 (dua) Pengadilan Tata Usaha Negara. Pengadilan Baru tersebut tersebar di seluruh wilayah di Indonesia dan berada di ibukota kabupaten dan kotamadya, kecuali untuk Pengadilan Tata usaha Negara berada di Ibukota Propinsi.

Khusus untuk wilayah Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat, terdapat 2 Pengadilan Agama yang baru diresmikan, yaitu :

  1. Pengadilan Agama Cimahi (Kota Cimahi)
  2. Pengadilan Agama Ngamprah (Kabupaten Bandung Barat)